UIN Alauddin Makassar

UIN Alauddin Makassar

Minggu, 09 Juni 2013

3 jenis hati manusia



Assalamualaikum…


Hari ini saya akan berbagi sedikit ilmu, tapi sangat penting untuk diketahui. Sahabat, hati manusia memang ada satu. Namun,  saat ini kita akan membahas hati menurut perspektif islam, yaitu hati yang menentukan sifat dan karakter pemiliknya dan juga yang menggerakkan pikiran si pemilik melakukan sesuatu, apakah itu hal baik atau sebaliknya. Tahukah anda? Ada tiga jenis hati manusia, yaitu hati yang sehat, hati yang sakit dan hati yang mati…
1.       Hati yang sehat
Senantiasa melakukan hal-hal yang baik, hati yang senantiasa mengingat Allah, banyak beristigfar, selalu beribadah, selalu memohon ampunan dari Allah.
Hati yang sehat adalah akan tergambar dari raut wajah yang selalu tersenyum, ceria, ramah, emosi stabil, tenang, dan selalu optimis.
2.       Hati yang sakit.
Sering lalai dalam berbuat kebaikan, sombong, angkuh, suka iri hati, tidak pernah bersyukur.
Dalam hal ini hati yang sakit, jika dilihat dari keadaan fisik akan tampak pendiam, murung, cepat putus asa.
3.       Hati yang mati
Sering berbuat zina, tidak pernah menyebut Allah, sombong dengan apa yang dimiliki, tanpa ragu melakukan dosa besar, mengejar kesenangan dunia tanpa memikirkan akhirat.
Bagi orang yang memiliki hati jenis ini, maka orang tersebut akan tampak acuh tak acuh dengan keadaan sekitar, mereka cenderung asyik sendiri dengan gaya hidup mereka tanpa memikirkan orang lain. Hati jenis ini juga sangat susah untuk dinasehati karena mereka memiliki watak yang keras kepala dan tidak mau mendengar pendapat orang lain.
Manakah diantara hati kalian diantara ketiga hati ini?
1.       Jika hati anda adalah hati yang sehat maka pertahankanlah. Jangan mendekati sumber-sumber yang akan membuat anda terjerumus dan perbanyaklah melakukan kebaikan dan banyaklah istighfar. 
2.       Jika hati anda adalah hati yang sakit anda tidak perlu cemas, karena Allah maha Pemaaf selama hambanya mau bertaubat dan berubah kea rah yang lebih baik. Jika anda sudah terlanjur, maka hal yang perlu anda lakukan adalah buang dan jauhkan semua sifat-sifat yang membuat hidup anda tidak tenang, seperti sombong, angkuh, iri hati, pendendam. Selalu mengingat Allah dan selalu beristighfar dan juga selalu optimis dan berusaha menjadi lebih baik.
3.       Jika hati anda adalah hati yang mati, hal yang pertama anda lakukan adalah ucapkan istighfar sebanyak mungkin, lalu menjauhlah dari kehidupan anda yang membuat anda terjerumus ke hal-hal yang dilarang agama, jangan takut berubah karena Allah selalu bersama orang-orang yang berbuat kepada kebaikan. Jika engkau dekat dengan Allah maka Allah akan lebih dekat kepadamu.

1 komentar:

  1. Thank you for the helpful post. I found your blog with Google and I will start following. Hope to see new blogs soon.Check it out Funny Good Morning Whatsapp Status in Hindi

    BalasHapus